Gunakan tanda [] untuk mencari tag gan! contoh [flutter, javascript]

Javascript - Perkenalan

Javascript - Perkenalan

Artikel ini dibukukan pada buku Javascript dengan mudah
access_time 03 Ags 2022 remove_red_eye 124 Kali spellcheck 268 Kata, 2223 Karakter
#javascript #web

Sedikit Sejarah

Javascript merupakan bahasa pemrograman yang mudah dipahami. Bahasa ini pertama kali digunakan pada web browser yang memiliki graphical interface pertama kali (mosaic), yang telah direlease pada tahun 1993. Pada november 1996, Javascript resmi memiliki sebuah standar internasional bernama Ecma Internasional yang di submit oleh netscape dan sampai sekarang dikembangkan hingga menjadi Javascript modern (Ecma Internasional terbaru).

Kepopuleran Javascript

Javascript merupakan bahasa yang sangat populer saat ini, karena disamping bahasa ini merupakan bahasa yang sudah tua, bahasa ini juga bisa kita gunakan untuk membuat aplikasi web, api, desktop, bahkan mobile apps. Meski graphic penelusuran pada google trend terlihat menurun, tapi bahasa ini masih tetap populer. Berikut graphic google trend mulai tahun 2004 sampai dengan tahun 2022

Karakteristik Javascript

Tipe Data Dinamis

Javascript merupakan bahasa yang dinamis, jika anda pernah menggunakan bahasa PHP, anda tidak akan kaget dengan bahasa ini, karena javascript memiliki tipe data yang dinamis seperti PHP. Tipe data yang otomatis tergenerate pada javascript yaitu, string, number (bisa jadi integer maupun floating), dan boolean.

Interpreter Based

Bahasa ini tidak langsung diterjemahkan ke mesin, melainkan dijalankan pada runtime yang nantinya diterjemahkan ke bahasa mesin. Contohnya, jika pada browser, javascript berjalan pada sisi client yang nantinya akan di terjemahkan oleh browser ke dalam bahasa mesin. Begitu juga dengan runtime lainnya, seperti nodejs ataupun bun.

Case Sensitive

Javascript menggunakan case sensitive dalam penggunaan variablenya. Contoh

var fullName = 'paijo';
var fullname='sukidi';
console.log(fullName);
console.log(fullname);

maka outputnya akan menjadi

paijo
sukidi


Control Statements

JavaScript dilengkapi dengan pernyataan kontrol seperti if-else-if, switch-case, dan loop seperti for, while, dan do-while loop. Pernyataan kontrol ini menjadikannya bahasa pemrograman yang kuat, memungkinkan penggunanya untuk menulis logika yang kompleks.

Asynchronous Processing

Javascript juga dilengkapi pemrosesan secara asynchronous, yang akan menjadi non-blocking process meskipun javascript merupakan single thread.

Artikel ini dibukukan pada buku Javascript dengan mudah
Navigasi Konten