Gunakan tanda [] untuk mencari tag gan! contoh [flutter, javascript]

Golang - Perkenalan

Golang - Perkenalan

Artikel ini dibukukan pada buku Belajar Bahasa Pemrograman Go
access_time 21 Des 2023 remove_red_eye 358 Kali spellcheck 358 Kata, 2788 Karakter
#golang #go #go language

1. Apa itu Golang?

Golang, atau lebih hangat dikenal sebagai Go, adalah bahasa pemrograman yang menari di antara byte-code dan kesederhanaan. Dibuat oleh trio pemberani—Robert Griesemer, Rob Pike, dan Ken Thompson—Golang merupakan simfoninya programmer, menyuguhkan pengalaman bermain koding tanpa diselingi kerumitan yang tak perlu. Go bukan hanya bahasa; ia adalah perjalanan melalui pengkodean yang membebaskan dan memompa semangat di antara karakter-karakter nol dan satu.

2. Sejarah Golang

Kisah Go dimulai di Google pada tahun 2007, ketika para kreatornya merenung di tengah kekhawatiran terhadap kompleksitas bahasa pemrograman saat itu. Dengan tekad untuk membawa kembali kegembiraan dalam menulis kode, mereka menarik garis batas dan membangun Golang pada fondasi kesederhanaan. Tahun 2009 menjadi momen magis di mana Go melompat dari dunia internal Google ke pangkalan para pengembang di seluruh dunia.

3. Keunggulan Golang

a. Performa Berkecepatan Kilat

Go adalah sprinter di dunia pemrograman. Dengan kompilasi cepat dan pemrosesan konkuren yang ringan, Go merajai lomba performa tanpa terengah-engah.

b. Pemrograman Konkuren yang Tangguh

Bagi Go, pemrograman konkuren bukan mimpi belaka. Golang menawarkan rutinitas dan saluran sebagai senjata andal melawan kompleksitas konkurensi, memungkinkan penulisan kode yang stabil dan mudah dimengerti.

c. Kesederhanaan yang Menawan

Go berbicara dalam bahasa yang dapat dimengerti oleh manusia. Dengan sintaksis yang bersahabat, penulisan kode menjadi sebuah tarian ringan yang tak memerlukan topeng rumit.

d. Dukungan Garbage Collection Otomatis

Tanpa kenal lelah, Go mengelola sampahnya sendiri. Dengan sistem pengelolaan sampah otomatis, pengembang dapat terbebas dari kisah pedih alokasi dan dealokasi memori.

e. Komunitas yang Hidup

Komunitas Golang adalah lautan ide dan kolaborasi. Forum, konferensi, dan dokumentasi yang dikelola dengan baik membuat perjalanan pemrograman dengan Go semakin berwarna.


4. Kekurangan Golang

Sebagai bahasa yang begitu menarik, Go bukanlah pangeran tanpa cacat. Kemudahan yang ditawarkannya kadang-kadang disertai dengan beberapa keterbatasan, seperti dukungan terbatas untuk pemrograman generik dan kurangnya pustaka pihak ketiga dibandingkan dengan beberapa bahasa pesaingnya.


5. Kesimpulan

Golang bukan sekadar kode; ia adalah simfoni kesederhanaan, laju kilat, dan pemrograman konkuren yang menyegarkan. Dengan jejak sejarah yang menawan, Go bukan hanya sebuah bahasa, melainkan sebuah perjalanan menuju kebebasan dan kesenangan dalam menulis kode. Kesederhanaan Go bukanlah pengorbanan, melainkan sebuah undangan untuk menjelajah dunia pemrograman tanpa batasan rumit. Go adalah cerita cinta di antara karakter-karakter nol dan satu, yang mengajak Anda untuk menari di atas papan tulis kode dengan riang.

Artikel ini dibukukan pada buku Belajar Bahasa Pemrograman Go
Navigasi Konten